Pembobolan data kartu keuangan pelanggan yang menimpa sejumlah perus..." /> pembobolan data

article

Published on October 15th, 2015 | by rezwinda

0

4 Langkah untuk Menimimalisir Kerugian Akibat Pembobolan Data

Pembobolan data kartu keuangan pelanggan yang menimpa sejumlah perusahaan seperti Home Depot, Target dan UPS menjadi contoh bahwa kejahatan yang menimpa dunia perbankan semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh keuntungan besar yang didatangkan dari jenis kejahatan ini.

Seperti yang dikutip dari laman Komonews, ahli security dari ID Theft 911, Adam Levin, menjelaskan mengenai empat langkah untuk meminimalisir kerugian yang menimpa ketika terjadi kasus pembobolan data, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang disarankan oleh Levin adalah dengan menggunakan kartu kredit ketika melakukan pembayaran pada proses jual beli pada perusahaan ritel. Menurut Levin, hal ini disarankan karena jika terjadi kebocoran data pada toko tempat kita melakukan pembayaran akan lebih mudah melakukan pemblokiran terhadap data yang kita miliki. Selain hal tersebut kerugian materi yang ditanggung tidak terlalu parah.
  • Langkah kedua adalah dengan secara rutin mengecek aktivitas perbankan dan kartu kredit setiap harinya. Hal ini sebenarnya tidak memakan waktu yang lama untuk mengecek transaksi perbankan yang kita miliki. “Setiap harinya. Hanya beberapa menit untuk mengecek aktivitas perbankan anda. Bayangkan jika dibandingkan dengan waktu anda yang dihabiskan untuk mengecek email atau media sosial. Anda dapat membagi sedikit waktu untuk melindungi diri anda sendiri,” Levin menegaskan.
  • Menggunakan sistem pengawasan transaksi juga menjadi langkah pengamanan untuk meminimalisir kerugian yang disebabkan oleh pembobolan data. Hal menjadi langkah ketiga yang sangat penting karena sistem pengawasan ini akan memberikan pemberitahuan jika terjadi akativitas pada akun perbankan anda.
  • Langkah keempat yang harus diambil adalah dengan menggunakan aplikasi atau program online untuk mengingat password dan ID pengguna. Hal ini sebenarnya sedikit riskan karena ketika aplikasi pembantu tersebut dapat dibobol maka seluruh password yang kita miliki akan terbongkar.

 

Sumber: ciso.co.id

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑