Bak film Hollywood, grup hacker Carbanak dilaporkan sudah berhasil m..." /> Bobol 100 Bank Jadi Bukti Kesaktian Perampok Cyber - PROXSIS IT

News

Published on February 17th, 2015 | by WP Admin PROXSIS

0

Bobol 100 Bank Jadi Bukti Kesaktian Perampok Cyber

Bak film Hollywood, grup hacker Carbanak dilaporkan sudah berhasil membobol 100 bank dengan nilai rampokan diestimasi tembus USD 1 miliar atau setara Rp 12 triliun (USD 1 = Rp 12.000).

Kaspersky, Interpol, Europol dan otoritas dari berbagai negara bekerjasama untuk mengungkap tindak kriminal di balik perampokan dunia maya yang belum pernah terjadi sebelumnya ini.

Kaspersky Lab mengungkapkan, para penjahat cyber ini memulai dengan mendapatkan cara untuk masuk ke komputer karyawan melalui spear phishing, menginfeksi korban dengan malware Carbanak.

Mereka kemudian dapat melompat ke jaringan internal dan melacak komputer administrator untuk melakukan pengamatan video. Hal ini memungkinkan mereka untuk melihat dan merekam segala sesuatu yang terjadi pada layar komputer staf yang melayani sistem transfer tunai.

Sergey Golovanov, Principal Security Researcher di Kaspersky Lab Global Research and Analysis Team mengatakan, perampokan bank ini sangat mengejutkan. Tidak ada bedanya, bagi para penjahat dunia maya ini, software apa yang dipergunakan oleh bank.

“Jadi, bahkan jika perangkat lunak mereka unik sekalipun, bank tidak bisa mendapatkan kepuasan,” kata Golovanov.

“Para penjahat bahkan tidak perlu untuk meretas ke layanan bank. Setelah mereka masuk ke jaringan, mereka belajar bagaimana untuk menyembunyikan rencana jahat mereka di balik tindakan yang sah. Hal tersebut adalah perampokan cyber yang sangat licin dan profesional,” imbuhnya.

Grup Hacker Carbanak disebut sebagai kriminal dunia maya multinasional dari Rusia, Ukraina dan negara lain di Eropa, serta dari China.

Menurut data Kaspersky Lab, target Carbanak termasuk organisasi keuangan di Rusia, Amerika Serikat, Jerman, China, Ukraina, Kanada, Hong Kong, Taiwan, Rumania, Perancis, Spanyol, Norwegia, India, Inggris, Polandia, Pakistan, Nepal, Maroko , Islandia, Irlandia, Republik Ceko, Swiss, Brazil, Bulgaria, dan Australia.

Source : inet.detik.com


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑