Bekerja dengan sebuah komputer yang performanya terasa lambat terkad..." /> Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Lambat - PROXSIS IT

IT Tips

Published on December 30th, 2015 | by rezwinda

0

Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Lambat

Bekerja dengan sebuah komputer yang performanya terasa lambat terkadang sangat menjengkelkan, hal ini bisa membuang-buang waktu untuk menunggu dan pastinya mengurangi produktivitas kita saat bekerja.

Komputer yang lambat tidak selamanya dikarenakan oleh hardware yang kurang memadai, bisa juga karena isinya yang terlalu penuh atau terlalu banyak hal-hal yang tidak penting yang ada di komputer tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kecepatan komputer, seperti dilansir dari Telegraph, berikut ini adalah cara-cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kecepatan komputer atau PC rumah anda.

1. Uninstall Program yang Tidak Terpakai

Terkadang seseorang asal saja dalam mengintall sebuah aplikasi, dan akhirnya tidak terpakai, sebaiknya aplikasi tidak terpakai tersebut di buang dari komputer agar tidak memberatkan. Disamping itu ada juga aplikasi yang kurang penting yang berjalan di background dan tidak kita sadari ternyata bisa memperlambat kinerja komputer.

Untuk menghapusnya anda bisa membuka Control Panel > Program and Feature > Uninstall Programs

2. Hapus File Temporer Secara Otomatis

Tanpa disadari komputer sebenarnya membuat file temporary atau file sementara yang akan tersimpan di dalam Hard disk (HDD) komputer pengguna. Bila file ini semakin menumpuk maka bisa mengakibatkan komputer jadi lambat. Untuk menghilangkannya, Anda bisa masuk My Computer, pilih drive C, buka ke folder Windows, lalu akses folder Temp. Lalu gunakan klik kanan pada mouse untuk memilih opsi View, lalu details, kemudian hapus semua file lama, begitu juga yang berada di Recycle Bin.

3. Pasang Solid State Drive

Hard Drive biasanya merupakan penyebab utama mengapa kecapatan PC menjadi lambat, terutama kecepatan akan turun pada proses startup. Anda bisa menggunakan perangkat Solid State Drive yang dianggap bisa mempercepat proses yang otomatis mempercepat kemampuan PC Anda, meskipun harganya agak sedikit mahal.

4. Beri Lebih Banyak Ruang Storage Hard Disk

Meskipun anda telah rajin menghapus file temporer dari komputer anda, namun ada baiknya anda melakukan upgrade atau penambahan kapasitas Hard Disk untuk memberikan lebih banyak ruang kosong. Selain dengan melakukan upgrade, sebenarnya memberi ruang kosong bisa dilakukan dengan menghapus file-file lama yang jarang atau tidak digunakan sama sekali.

5. Batasi Aplikasi Yang Jalan Saat Startup

Hal yang membuat komputer PC menjadi lemot salah satunya ialah terdapat aplikasi yang otomatis berjalan saat proses startup. Ini membuat komputer lebih berat diawal saat PC dijalankan. Untuk mengaturnya anda bisa membuka Start > Run > kecik msconfig > Enter.

Anda akan melihat tab “Startup” lengkap dengan semua program yang dapat ditandai, anda bisa menghilangkan tanda jika merasa program tersebut tidak perlu dijalankan saat startup.

6. Gunakan RAM Dengan Kapasitas Besar

RAM atau Random Access Memory ialah perangkat keras yang digunakan oleh komputer untuk mengekseskusi program yang berbeda-beda. Semakin banyak banyak program yang komputer anda gunakan, maka semakin besar kapasitas RAM yang diperlukan. Apabila kapasitasnya kurang, maka komputer bisa menjadi lambat saat Anda mengakses file atau aplikasi yang berukuran besar.

7. Gunakan Fitur Disk Defragment

Komputer yang melambat bisa terjadi karena file sistem yang bertebaran dan tidak beraturan, sehingga saat proses berjalan komputer sibuk memilih-milih file tersebut, anda bisa menggunakan fitur Disk Degragment untuk merapihkan file sistem tersebut. Cara untuk mengakses fitur tersebut adalah dengan masuk ke My Computer, klik kanan pada Hard Drive dan pilih Properties, lalu dibawah tombol Tools terdapat tombol Defragment Now.

8. Jalankan Fitur Clean Up

Di Windows terdapat fitur Disk Cleanup, dimana fitur ini bisa mencari melalui file sistem untuk menemukan file yang tidak diperlukan seperti internet temporer, program instalasi dan lain sebagainya. Untuk mengaksesnya, Anda bisa buka Start > All Programs > Accesories > System Tools > Disk Cleanup

9. Terapkan IP Statis Komputer

Saat komputer startup, maka sistem akan menghabiskan beberapa waktu untuk mencari tau informasi jaringan untuk mendapatkan alamat IP. Memiliki IP statis tidak hanya membuat jaringan lebih mudah dalam melakukan pengaturan, tetapi juga mempercepat waktu startu up komputer.

Caranya anda bisa mengakses Network and Sharing Center dan pilih Change Adapter Settings. Kemudian klik kanan pada adapter lokal komputer Anda, dan pilih Properties. Kemudian anda perlu perhatikan terkait judul “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan pilih tombolproperties.

Pada kolom ‘Use the following IP address‘, masukan IP, subnet mask dan default gateway secara benar, sesuai dengan jaringan Anda. Untuk menemukan IP, subnet mask dan default gateway, pengguna bisa mengakses Start, kemudian Run dan mengetikkan cmd. Pada modus command prompt, ketika ipconfig/all dan tampilan IP akan muncul.

10. Membersihkan Komputer dari Debu

Tidak selalu file menumpuk di dalam komputer yang membuat komputer menjadi lambat, debu-debu yang menempel dan menumpuk di komputer anda juga bisa mengganggu performa hardware. Debu bisa mengganggu aliran udara, sehingga menyebabkan komputer anda cepat panas / overheating. Bila panas terlalu berlebihan performa komputer bisa jadi akan melambat.

Sumber artikel: jurnalweb.com
Sumber foto: techczargroup.com

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑