Siapa bilang program jahat (malware) tak menyerang Mac? Sebab faktan..." /> Faktanya, Pengguna Mac & Windows Sama Rentannya - PROXSIS IT

News

Published on February 17th, 2015 | by WP Admin PROXSIS

0

Faktanya, Pengguna Mac & Windows Sama Rentannya

Siapa bilang program jahat (malware) tak menyerang Mac? Sebab faktanya adalah, komputer Apple juga dihantui ancaman cyber yang tak kalah seram ketimbang pengguna PC platform lain.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Kaspersky Lab dan B2B International, perangkat Mac dan data yang tersimpan di dalamnya tak akan kebal dari ancaman yang wara-wiri di internet.

Hasil survei menunjukkan, 24% dari pengguna yang mengatakan bahwa desktop Apple adalah perangkat utama mereka untuk mengakses internet dan 10% dari pengguna yang lebih menyukai laptop Apple, melaporkan jika mereka telah mengalami serangan malware selama 12 bulan terakhir.

Sedangkan jumlah pemilik PC yang terkena serangan naik sedikit lebih tinggi yaitu 32%. Namun malware seperti ransomware dihadapi oleh 13% dari pemilik Mac dibandingkan dengan 9% pengguna Windows.

Terdapat situasi yang sama dimana ancaman menargetkan data keuangan, insiden ini dilaporkan oleh 51% dari pengguna OS X dan 43% dari pengguna Windows.

Menurut survei, pengguna Mac umumnya kurang menyadari ancaman internet daripada pengguna Windows. Sebagai contoh, 39% dari pemilik MacBook tidak pernah atau hampir tidak mendengar adanya ransomware, dan 30% tidak tahu tentang program jahat yang berbahaya yang dapat mengeksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak.

Sebagai perbandingan, di antara semua responden, 33% tidak mengetahui apa-apa tentang ransomware dan 28% tidak menyadari tentang eksploitasi.

Survei juga menunjukkan bahwa setengah dari pengguna Mac masih mengabaikan kebutuhan untuk solusi keamanan internet pada perangkat mereka, hanya 47% dari MacBook dan 59% dari komputer desktop Apple yang dilindungi.

Selain itu, ketika pengguna Apple benar-benar memilih solusi keamanan untuk perangkat mereka, sebagian besar di antaranya (41%) menempatkan harga pada prioritas utama, dibandingkan dengan 36% yang menempatkan kualitas dari pendeteksi malware tersebut.

Dan di tempat ketiga adalah dampak dari solusi keamanan tersebut kepada kinerja perangkat (33%). Sebagai perbandingan, pengguna Windows menempatkan efisiensi deteksi malware di tempat pertama (47%), harga dari solusi keamanan di tempat kedua (42%), dan kemampuan dari solusi untuk memerangi ancaman web di tempat ketiga (31%).

“Pengguna OS X telah lama hidup dalam isolasi dari bahaya internet sehingga mereka mungkin merasa hampir kebal, tetapi ancaman cyber saat ini telah memperluas daerah operasi mereka bahkan semakin luas, maka sangat penting untuk mempersiapkan diri dari mereka,” kata Vladimir Zapolyansky, Vice President, Product and Technology Marketing Kaspersky Lab.

“Dalam hal ini, Kaspersky Lab sangat menganjurkan pengguna Mac tidak hanya menginstal solusi keamanan tetapi untuk ingat akan aturan berperilaku yang aman di web,” tandasnya.

Source : Kapersky.com


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑