Sektor keamanan adalah hal yang harus diperhatikan di dunia Internet..." /> Gateway Menjadi 'Satpam' Di Dunia IoT - PROXSIS IT

News

Published on January 13th, 2016 | by rezwinda

0

Gateway Menjadi ‘Satpam’ Di Dunia IoT

Sektor keamanan adalah hal yang harus diperhatikan di dunia Internet of Things. Lantaran semakin banyak perangkat yang terkoneksi ke internet, maka risiko yang dihadapi pun semakin besar, seperti aksi peretasan ataupun serangan cyber lainnya.

Menurut Dell, risiko yang ada itu bisa diminimalkan dengan penggunaan gateway yang mumpuni. Gateway bisa dibilang adalah tulang punggung dari dunia IoT, karena semua sensor ataupun perangkat wearable yang ada akan terhubung dengan gateway tersebut.

Disebut tulang punggung karena gateway seharusnya menjadi perangkat yang paling bertenaga di dunia IoT. Sensor-sensor yang ada di lapangan saat ini hanya mempunyai kekuatan komputasi yang seadanya.

“Sensor kadang tak cukup kuat untuk mendeteksi serangan, mungkin di masa yang akan datang mereka akan bisa (untuk mendeteksi serangan-red). Selain itu mereka juga tak bisa mengenkripsi data-data yang akan dikirim ke gateway,” ujar Jason Shepherd, Director of Strategy and Partnerships IoT Solutions Dell di Las Vegas, Rabu (6/1/2015).

Dikatakannya, kebanyakan sensor-sensor tersebut menggunakan prosesor hemat daya, yang tak punya tingkat komputasi cukup tinggi untuk melakukan hal berat, seperti mengenkripsi data.

Di sinilah peran gateway untuk menjadi ‘satpam’ di dunia IoT. “Gateway harus bisa mendeteksi serangan cyber yang ada, juga arus bisa mengenkripsi data-data yang diterima dari sensor, juga yang akan dikirimkan ke server, sehingga jika pun data itu tercuri tetap tak akan bisa digunakan,” lanjutnya.

Jadi dengan gateway yang tepat, IoT tetap bisa menjadi internet of things, tanpa harus berubah namanya menjadi internet of threat. Istilah internet of threat sendiri disebutkan oleh Eugene Kaspersky beberapa waktu yang lalu. 

Pendiri perusahaan keamanan Kaspersky tersebut menyebut bahwa dengan makin banyaknya perangkat yang terkoneksi ke internet, maka risiko yang dihadapi akan semakin besar.

Sumber berita: detik.com
Sumber foto: clouderpc.com

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑