Ingat adegan klasik dalam film Wall Street tahun 1987 saat Gordon Ge..." /> Optimalkan Peluang. Minimalkan Kekhawatiran. - PROXSIS IT

article

Published on January 15th, 2016 | by rezwinda

0

Optimalkan Peluang. Minimalkan Kekhawatiran.

Ingat adegan klasik dalam film Wall Street tahun 1987 saat Gordon Gekko melakukan panggilan telepon dari kawasan pantai menggunakan ponsel seukuran bola sepak dengan berat dua pound? Pesan yang mendasarinya adalah: hanya kepala perampok kaya raya seperti Gekko yang mampu membeli teknologi mewah semacam itu.

Sudah sangat jauh kita berkembang. Pada tahun 2025, akan terjadi peningkatan jumlah pengguna online sebesar 4,7 miliar. Sebagian besar data akan ditransfer atau disimpan pada layanan cloud. Jumlah langganan Internet melalui perangkat bergerak pun akan mencapai angka 4 miliar secara global. Hampir setiap usaha dalam skala apa pun mengandalkan dunia digital, mulai dari komputer dan perangkat bergerak hingga layanan cloud dan media sosial, untuk melakukan aktivitas yang hanya dapat dibayangkan oleh Gekko, mulai dari memperbarui angka penjualan saat dalam perjalanan hingga melayani pasar global secara real time.

Ancaman keamanan yang meningkat bagi semua usaha
Seiring dengan kemajuan usaha yang luar biasa, UKM juga menghadapi tantangan keamanan yang tidak pernah terbayangkan oleh siapa pun pada tahun 1987. Menurut perusahaan keamanan, Symantec, usaha kecil dengan 1–500 orang karyawan menjadi target dalam 41% dari seluruh serangan yang terjadi pada tahun 2013, dan serangan tersebut semakin berkembang pesat. Bahkan, serangan yang menargetkan usaha dengan 1–2.500 orang karyawan meningkat secara mengkhawatirkan sebesar 61% dari tahun 2012 hingga 2013.

Mengapa pelaku kejahatan dunia maya menjadikan UKM sebagai target? Karena UKM memiliki informasi berharga, misalnya rekening bank, data pelanggan, dan kekayaan intelektual, yang sama seperti informasi milik usaha besar, namun sering kali didukung oleh pengamanan yang sangat tidak ketat dan teknologi yang tidak terlalu canggih. Selain itu, UKM dapat menjalin kerja sama dengan usaha besar, sehingga mereka dapat menjadi pintu masuk yang tepat untuk mempengaruhi mitra dan pelanggan bisnis yang berskala jauh lebih besar.

Bersikap preventif
Terlepas dari topik utama dan pembahasan yang mengkhawatirkan tentang serangan dunia maya, UKM biasanya tidak perlu berinvestasi pada solusi keamanan digital bernilai jutaan dolar meskipun sumber daya untuk solusi tersebut tersedia. Karena sebagian besar ancaman keamanan merupakan serangan malware atau kelalaian oleh orang dalam (hilangnya laptop, dsb.), maka solusi paling efektif dan mudah adalah sebagai berikut: hanya menggunakan perangkat lunak dan teknologi cloud yang terlindungi, serta tetap memperbarui perangkat lunak.

Fokus pada penerapan produk, layanan, dan kebijakan, terutama dalam bidang berikut ini:

Identitas: Lindungi perangkat bergerak dengan keamanan yang disesuaikan berdasarkan pengguna, lokasi, dan perangkat, termasuk kemampuan untuk mengunci perangkat, membuat ulang PIN, dan menghapus data dari jauh.

Kontrol akses: Lakukan investasi pada solusi yang memberikan kepastian adanya akses jarak jauh dan aman untuk data dan aplikasi bisnis yang bersifat rahasia.

Manajemen perangkat dan desktop: Gunakan alat bantu yang terpusat untuk mengelola semua perangkat Anda dan tetap atur desktop serta perangkat agar secara otomatis menerima pembaruan keamanan terkini.

Perlindungan data: Pastikan perangkat lunak, mulai dari server dan desktop hingga email, perangkat bergerak, dan layanan cloud, telah dilengkapi perlindungan internal terhadap hacker, malware, dan virus yang memenuhi lebih dari standar kepatuhan dan privasi.

Pelatihan karyawan: Tim Anda adalah baris pertahanan pertama. Pastikan semua karyawan telah memahami kebijakan yang berlaku dan cara untuk membantu menerapkannya. Pelajari lebih lanjut tentang cara melibatkan tim Anda untuk memberikan bantuan.

Meskipun serangan dunia maya dapat menimbulkan masalah, namun tidak ada alasan untuk merasa takut. Bahkan sebaliknya, lakukan investasi dalam produk dan layanan yang pada prinsipnya lebih aman, dengan keamanan yang ditanam dan diprioritaskan di seluruh desain dan pengembangan. Pastikan juga produk tersebut memiliki kemampuan untuk dapat dikelola dan mudah digunakan, sehingga Anda dapat dengan mudah memanfaatkan keunggulan menarik yang diberikan oleh dunia digital yang selalu terhubung sekarang ini.

Sumber artikel: microsoft.com
Sumber foto: images.cxotoday.com

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑