Seringkali kita direpotkan atau dibuat jengkel oleh perbuatan penjah..." /> Tips Membuat Jejaring Sosial Anda Sulit Diretas - PROXSIS IT

article

Published on October 1st, 2015 | by rezwinda

0

Tips Membuat Jejaring Sosial Anda Sulit Diretas

Seringkali kita direpotkan atau dibuat jengkel oleh perbuatan penjahat siber yang meretas akun jejaring sosial kita. Namun terkadang mudahnya penjahat membobol akun jejaring sosial kita dikarenakan kecerobohan kita sendiri. Berikut adalah tips untuk membuat jejaring sosial kita sulit untuk diretas.

Lakukan Two Step Verification

Sebagian besar jejaring sosial menawarkan fitur pengamanan two step verification. Fitur ini mewajibkan pengguna untuk melakukan langkah ekstra saat melakukan login melakui komputer atau perangkat baru. Fitur ini dilakukan untuk tujuan agar mempersulit penjahat siber untuk membobol akun jejaring sosial anda. Hal ini dikarenakan penjahat siber tidak hanya dapat mengandalkan nama dan password akun anda untuk masuk ke dalam anda melalui perangkat yang sebelumnya belum pernah anda gunakan. Kode ekstra yang membutuhkan biasanya dikirim melalui pesan SMS atau aplikasi mobile.

Hentikan Penggunaan Aplikasi Third Party

Langkah pengamanan kedua untuk jejaring sosial anda adalah dengan tidak menggunakan aplikasi third party. Aplikasi third party adalah aplikasi pihak ketiga yang digunakan untuk masuk ke dalam akun jejaring sosial anda. aplikasi ini berbahaya karena ketika melakukan login ke dalam jejaring sosial anda, anda akan memasukan password melalui aplikasi ini.

Aplikasi jenis ini mungkin sangat berguna namun aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan oleh penjahat siber sebagai ‘backdoor’ untuk masuk ke dalam akun anda. Walaupun aplikasi ini bukan aplikasi palsu namun tetap saja, data yang disimpan oleh anda dapat bocor ketika penjahat siber membobol pusat data yang disimpan oleh aplikasi ini.

Hindari Kunjungan ke Dalam Situs Phishing

Anda akan terkejut ketika mendengar kejahatan yang dilakukan karena ketidakhati-hatian pengguna yang mengunjungi situs phishing. Kasus kebocoran foto-foto artis Hollywood disebabkan oleh kunjungan beberapa artis tersebut yang masuk ke dalam situs phishing yang dipancing dengan teknik social engineering.

Perhatikan jika terdapat postingan pada jejaringan sosial anda yang mencurigakan dan tidak lazim. Penjahat siber kerap kali memancing pengguna akun jejaring sosial dengan berita bohong dengan judul sensasional atau dengan iming-iming kuis berhadiah. Terkadang pelaku meminta anda untuk memasukan password dan nama akun anda. itu adalah yang dilakukan untuk membobol akun jejaring sosial anda. Jika anda telah terlanjur terkena penipuan ini sebaiknya anda segera mengganti password jejaring sosial anda.

Password

Banyaknya akun jejaring sosial atau layanan online lainnya membuat kita sering kali menggunakan satu password yang sama untuk beberapa akun. Hal ini diperparah dengan penggunaan password yang lemah seperti ‘123456’ dan ‘rahasia’. Bayangkan dengan password yang lemah seperti itu, satu akun saja yang bisa dibobol penjahat siber maka akun yang lain dapat dibobol.

Untuk mengamankan jejaring sosial anda melalui password, anda dapat menggunakan password yang panjang dan unik. Anda juga sebaiknya jangan menggunakan password yang sama pada layanan online anda yang lain. Jika cara ini dianggap terlalu merepotkan anda dapat menggunakan aplikasi pengaturan password.

Sumber: ciso.co.id

Tags: , , ,


About the Author



Comments are closed.

Back to Top ↑