10 Langkah Implementasi ISO/IEC 27001:2022 untuk Meningkatkan Keamanan Informasi

Ditulis oleh :

rexy

10 Langkah Implementasi ISO/IEC 27001:2022untuk Meningkatkan Keamanan Informasi

Implementasi ISO/IEC 27001:2022 adalah langkah krusial bagi perusahaan modern yang ingin mengamankan sistem informasi dan data mereka dengan lebih efektif. Keamanan digital telah menjadi hal prioritas hari ini, baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan dalam menjaga data-data penting. Berbagai metode dan sistem juga sudah banyak ditawarkan untuk meningkatkan keamanan privasi di tengah perkembangan digital yang semakin pesat.

Salah satunya standar manajemen keamanan informasi ISO/IEC 27001:2022 yang berlaku secara internasional sebagai acuan dalam mengoptimalkan keamanan informasi.  Standar ini membantu kita dalam menjaga kerahasiaan dan keamanan data di era digital saat ini. 

 

Mengenal ISO/IEC 27001:2022

ISO/IEC 27001:2022 mengatur standar terkait Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) dengan  memberikan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengidentifikasi, mengelola, dan menjaga keamanan informasi dalam suatu organisasi.

ISO/IEC 27001:2022 berfokus pada perlindungan informasi yang penting bagi organisasi, termasuk data klien, informasi keuangan, informasi pribadi, serta informasi rahasia atau strategis. Dengan mengoptimalkan perencanaan, penerapan, pengawasan dan peningkatan keamanan informasi perusahaan.

Baca juga :

7 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang POJK 29 Tahun 2022 Dalam Konteks Keamanan Informasi Keuangan

 

10 Langkah Implementasi ISO/IEC 27001:2022

ISO/IEC 27001:2022 memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan dalam memastikan keamanan informasi dari ancaman berbagai risiko. Berikut 10 langkah yang perlu Anda perhatikan dalam pengimplementasian ISO/IEC 27001:2022:

 

1. Pemahaman dan Keterlibatan Semua Lini

Salah satu hal mendasar dalam implementasi ISO/IEC 27001:2022 yaitu memastikan pemahaman dan keterlibatan semua pihak terkait tentang urgensi keamanan informasi. Hal ini melibatkan identifikasi pemangku kepentingan, memahami kebutuhan dan harapan mereka terkait keamanan informasi, dan mendapatkan dukungan dan komitmen dari seluruh unsur perusahaan.

 

2. Pembentukan Tim Proyek

Langkah kedua yaitu membentuk tim proyek yang akan bertanggung jawab atas implementasi ISO/IEC 27001:2022. Tim proyek ini harus terdiri dari anggota yang berkompeten dalam bidang keamanan informasi dan memiliki pengetahuan tentang proses bisnis perusahaan.

Baca juga : Peran Penting Konsultan ISO 27001 dalam Menerapkan Keamanan Informasi yang Efektif

 

3. Penunjukan Pemimpin Tim

Perusahaan juga harus menunjuk pemimpin untuk tim proyek ini yang berkualifikasi dan berpengalaman  dalam mengimplementasikan ISO/IEC 27001:2022. Pemimpin proyek ini akan menjadi koordinator utama dalam langkah-langkah implementasi dan bertanggung jawab atas keberhasilan implementasi standar.

 

4. Identifikasi Aktiva dan Penilaian Risiko

Langkah selanjutnya yaitu  mengidentifikasi dan melakukan penilaian risiko terhadap aktiva mulai dari data, sistem, perangkat keras, perangkat lunak, dan sumber daya yang perlu dilindungi sesuai dengan standar ISO/IEC 27001:2022.

Baca juga : ISO 27001:2013 – Standar Keamanan Informasi untuk Melindungi Bisnis Anda

 

5. Mengembangkan Strategi Penanganan Risiko

Setelah risiko diidentifikasi, langkah kelima yaitu mengembangkan strategi penanganan risiko yang tepat. Strategi ini mencakup pemilihan sistem keamanan yang sesuai dengan kebutuhan dalam meminimalisir risiko.

 

6. Merancang dan Mengembangkan SMKI

Perusahaan harus merancang dan mengembangkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) berdasarkan hasil analisis risiko dan strategi penanganan risiko yang telah dilakukan. Sistem ini harus mencakup kebijakan, prosedur, dan kontrol keamanan yang diperlukan untuk melindungi aktiva informasi organisasi.

 

7. Implementasi Kontrol Keamanan Informasi

Langkah selanjutnya yaitu mengimplementasikan kontrol keamanan informasi yang telah dirancang, seperti penerapan kebijakan, prosedur, dan tindakan lain yang diperlukan untuk melindungi aktiva informasi dan mengurangi risiko keamanan.

Baca juga : Tantangan dan Peluang Industri 4.0 bagi Bisnis di Indonesia

 

8. Pengendalian Keamanan Informasi

Langkah kedelapan dalam mengimplementasikan ISO/IEC 27001:2022 yaitu pengopersian serta pengendalian keamanan informasi yang berkelanjutan. Melalui pemeliharaan sistem manajemen keamanan informasi yang telah diimplementasikan, termasuk pemantauan keamanan dan pemeliharaan infrastruktur keamanan secara berkala. 

 

9. Audit Internal dan Tinjauan Manajemen

Langkah kesembilan yaitu perusahaan melakukan audit internal secara teratur untuk memverifikasi keefektifan sistem manajemen keamanan informasi yang telah dijalankan. Tinjauan ini bertujuan  untuk mengevaluasi kinerja sistem, mengidentifikasi kelemahan, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk perbaikan.

 

10. Peningkatan Terus-Menerus

Langkah terakhir yaitu memastikan meningkatkan dan pembaruan secara terus-menerus dalam sistem manajemen keamanan informasi. Dengan mengambil langkah-langkah perbaikan berkelanjutan berdasarkan hasil audit dan tinjauan manajemen untuk meningkatkan keamanan informasi yang lebih baik kedepannya.

Baca juga : 5 Tips Bagaimana Memilih Perusahan Konsultan

 

Kesimpulan

Sistem manajemen keamanan internal menjadi hal yang sangat penting hari ini untuk menghadapi ancaman serangan digital yang kian berkembang. Implementasi ISO/IEC 27001:2022 menjadi solusi untuk memastikan keamanan informasi yang efektif dan perlindungan yang memadai terhadap aktiva informasi perusahaan. Dengan mengikuti sepuluh langkah implementasi yang telah dijelaskan di atas, perusahaan dapat meningkatkan keamanan informasi, melindungi data sensitif, dan menjaga reputasi bisnis yang kuat. Keamanan informasi merupakan tantangan yang akan terus ada seiring dengan perkembangan teknologi, dan ISO/IEC 27001:2022memberikan kerangka kerja yang solid untuk melalui tantangan tersebut.

 

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Gaji & Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Gaji dan Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us