Tantangan dan Solusi dalam Menjamin Perlindungan Data Pribadi di Era Digital

Ditulis oleh :

rexy

Tantangan dan Solusi dalam Menjamin Perlindungan Data Pribadi di Era Digital

Gaya hidup berbaur teknologi menuntun orang untuk berbagi informasi yang terhubung ke dalam internet. Mengakses internet dapat memberikan kemudahan untuk menjalin berbagai kegiatan dan menumbuhkan pertukaran budaya, meningkatnya ekonomi, dan mudahnya mencari ilmu pengetahuan saat berselancar di berbagai platform. 

Segala kemudahan yang membantu aktivitas manusia menjadikan era digital menjadi zaman tidak mengenal waktu, jarak, dan tempat. Namun, dibalik akses yang mudah, ada tantangan yang mengintai setiap pengguna. Pengguna dihadapkan dengan masalah perlindungan data pribadi. 

Data pribadi menjadi sangat penting karena mencakup hal-hal sensitif yang tidak boleh tersebar apalagi disalahgunakan, sehingga merugikan si pengguna. Maka dalam hal ini, kamu akan diajak tidak hanya mengetahui tantangan perlindungan data pribadi di era digital, tapi juga bagaimana solusi dalam menanganinya. 

 

Pentingnya Perlindungan Data Pribadi

Data pribadi mencakup informasi yang berkaitan dengan individu dan dapat diidentifikasi berupa informasi sensitif yang kerahasiaannya harus dijaga. Menjamin kerahasiaan informasi dilakukan dengan melindungi data pribadi agar tidak salah gunakan. Penyalahgunaan data pribadi bisa menimbulkan masalah baru berupa kejahatan di dunia maya. 

Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadimu dengan mengendalikan privasi yang kamu miliki. Untuk mengendalikan privasi kamu harus lebih tahu apa-apa saja data pribadi yang boleh disebar dan cara seperti apa yang bisa dilakukan untuk melindunginya. 

 

Baca juga : Pentingnya Perlindungan Data Pribadi: Proxsis IT Dukung Kominfo Gelar FORNAS PDP di Bali

 

Tantangan Perlindungan Data Pribadi

  • Serangan Siber
    Peretas memiliki banyak cara untuk mengakses data pribadi mulai menggunakan metode malware, phishing, hacking. Bagi kejahatan siber, identitas diri menjadi aset yang bernilai demi keuntungan mereka.
  • Kurang Pemahaman Tentang Ancaman
    Ancaman perlindungan data bisa datang dari mana saja, entah itu melalui tautan yang diselipkan pada pesan WhatsApp atau SMS. Dengan memiliki pengetahuan terhadap ancaman kamu akan jauh lebih waspada dan terhindar dari kejahatan di dunia maya. Kamu bisa mengambil langkah yang tepat untuk pencegahan.
  • Terbiasa dengan Sandi Sederhana
    Pencegahan menjadi hal yang baik bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadi menggunakan kata sandi unik. Sebab, kata sandi yang cenderung sederhana menjadi mudah untuk diretas. Untuk meminimalisir peretasan kamu juga bisa mengaktifkan autentikasi dua faktor, enkripsi data dan penggunaan layanan Virtual Private Network (VPN).

 

Baca juga : Privasi Data yang Terlindungi : Apa yang Ditawarkan oleh ISO/IEC 27701:2019

 

Ancaman Perlindungan Data Pribadi

  1. Hacking
    Hacking merupakan kegiatan terlarang yang melemahkan sistem jaringan komputer untuk mengambil keuntungan dari mengakses aktivitas seseorang tanpa izin dari pemiliknya. Cara untuk melakukan hacking oleh hacker bisa dilakukan dengan banyak cara mulai dari mencari kelemahan sistem keamanan perangkat lunak, menyusup ke sistem dengan phising atau serangan social engineering, dan menggunakan alat pemindai jaringan agar bisa mencari komputer yang rentan.

    Solusi: Pemahaman ethical hacking atau melakukan proses mengeksploitasi kelemahan di dalam sistem atau jaringan komputer kamu dengan tujuan untuk menemukan kelemahan apa saja yang komputer kamu miliki. Ethical hacking menggunakan metode penetration testing, social engineering testing dan vulnerability scanning. Meski serupa dengan yang dilakukan oleh hacker, tapi ethical hacking cukup banyak digunakan di perusahaan dan menggunakan prinsip-prinsip etika yang ketat dan illegal.

  2. Malware
    Peretas memasukkan perangkat lunak yang disebut malware tanpa izin pemiliknya ditujukan untuk merusak sistem, server dan jaringan. Kamu harus berhati-hati dengan malware, karena melalui malware yang dimasukkan ke komputer bisa terjadi pencurian data dan memang itu tujuannya agar bisa menjadi pintu belakang masuknya hacker. Untuk memasukkan malware, hacker bisa menanamkannya melalui jaringan komputer yang terhubung ke internet. Biasanya hacker membuat ulah dengan memasukkan malware pada download di situ web illegal, email phishing, iklan dan lainnya.

    Solusi: Sikap berhati-hati menjadi solusi utama yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari malware. Dengan kehati-hatian kamu bisa lepas dari trik-trik hacker dengan mewaspadai iklan, link, promosi dan website yang mencurigakan dan tidak mengasal mengklik. Karena berkemungkinan malware masuk ke jaringan kamu melalui situs-situs tersebut.

  3. Serangan DoS (Denial of Service)
    Serangan DoS menjadi serangan yang masuk ke sistem jaringan internet dengan menghabiskan resource yang dimiliki suatu sistem. Akibatnya, sistem tidak bisa berjalan sesuai dengan fungsinya. Sistem juga tidak bisa mencegah orang lain mengakses layanan sistem yang telah diserang. Biasanya hacker melakukan serangan DoS untuk membuat sistem lumpuh dan meminta tebusan pada perusahaan yang diserang.

    Solusi: Literasi tentang DoS harus dilakukan jika ingin menghindari hal demikian, kamu bisa membaca panduan menghadapi serangan DoS untuk Badan Usaha Kecil dan Menengah yang diterbitkan Pusat Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas) Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Panduan ini bekerja sama dengan Cyber Shelter (Ministry of Science and ICT Korea Internet and ICT Korea dan Korea Internet and Security Agency). 

 

Kasus Penipuan

  • Baim Wong Kena Phising Lewat WhatsApp

Kabar tidak mengenakkan terjadi kepada salah satu artis Ibu Kota, Baim Wong. Melalui instagramnya Baim Wong mengaku telah menjadi korban penipuan berkedok kurir. Dirinya tidak menyadari bahwa file yang ia klik mengandung phising yang menguras rekeningnya dengan jumlah besar. 

Solusi: Agar kejadian yang tidak mengenakkan menimpamu, kamu bisa melakukan transaksi perbankan, e-wallet atau e-commerce dengan tidak  memakai kata sandi yang umum. Kamus bisa memakai double verification dan tidak menyimpan password maupun PIN transaksi di ponsel secara otomatis, karena itu akan mempermudah peretas merentas akunmu. Terpenting kewaspadaan juga harus ditingkatkan dengan tidak mengklik link sembarangan, begitupun dengan aplikasi yang bisa menjadi wadah penipuan. Untuk menghindari ketidaksengajaan download aplikasi penipuan kamu bisa mematikan pengaturan install unknown app atau install aplikasi di luar playstore. 

Adapun jika kamu terlanjur terkena musibah phising, maka kamu bisa segera mengaktifkan mode pesawat secepatnya setelah terlanjur mengklik APK penipuan. Jika APK sudah terjalankan tanpa sadar maka kamu harus segera menghubungi pihak bank. Amankan m-bankingmu terlebih dahulu agar tabunganmu bisa aman dari perentas. 

 

Baca juga : Drama TikTok Omay Farida Nurhan vs Codeblu: Bagaimana Doxing Merusak Data Privacy Anda

 

Cara Melindungi Data Pribadi

  • Memperkuat Kata Sandi
    Kata sandi menjadi satu kesatuan dalam menjaga data pribadi, dengan memperkuat password maka orang lain akan sulit untuk memanfaatkan data pribadi tanpa seizin pemiliknya. Kata sandi yang baik harus berbeda pada setiap akun, menggunakan 8 sampai 10 karakter, tidak mudah ditebak, dengan tidak menggunakan karakter dari data pribadi.

    Tidak cukup dengan pembuatan akun yang baik, namun hal ini juga didukung dengan pengelolaan kata sandi. Kata sandi harus terus di update secara berkala untuk menghindarkan kecolongan dari peretasan.

  • Tidak Sembarangan Memakai Internet Wireless (Wi-Fi)
    Tidak semua Wifi publik baik untuk digunakan. Terkadang keamanan Wifi publik menjadi dipertanyakan, karena dikhawatirkan terdapat malware yang sengaja disebar oleh orang-orang tidak bertanggungjawab.
  • Gunakan Software Legal
    Perangkat lunak bajakan memang mudah untuk didapatkan. Harga yang dibayarkan cenderung murah dan bisa didapatkan secara gratis. Namun, dibalik semua itu perangkatkan lunak illegal tidak memiliki pembaharuan secara berkala. Bagi software pembaharuan menjadi suatu yang penting, untuk menghindari potensi peretasan dari oknum yang ingin melancarkan serangan kejahatan di dunia digital.
  • Tidak Sembarangan Mengklik Tautan
    Kejahatan phising menjadi suatu yang cukup mengkhawatirkan. Korban dari kejahatan tersebut akan sangat dirugikan, baik secara emosi dan terkurasnya uang tabungan yang seharusnya bisa digunakan untuk kebutuhan lain. Phising bisa bermula dari adanya pesan berupa tautan yang mengarahkan dalam pencurian data pribadi yang ada di dalam smartphone. 

 

Kesimpulan

Kewaspadaan dan kehati-hatian memang sangat dibutuhkan diera digital saat ini. Memang akses yang mudah, kehidupan yang lebih instan membuatmu nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Kamu jauh lebih santai dalam mengurus segala sesuatu karena hanya dengan satu benda yang digenggam “smartphone” , apa yang kamu butuhkan tersedia di sana.

Tapi memang kemudahan itu juga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin melalui penipuan, phishing, memasukkan malware dan kejahatan lainnya. Data pribadimu adalah suatu yang sangat berharga dan harus dijaga dengan baik. Penjagaan data pribadi bisa dilakukan dengan banyak hal dan kamu penting memahami tentang hal itu. 

Sistem Pengelolaan Informasi Privasi

Jaga privasi Anda dengan bijak! Temukan keamanan dalam setiap langkah dengan bergabung dalam Program Sistem Pengelolaan Informasi Privasi kami sekarang.

 

 

Referensi

http://himakom.student.uny.ac.id/perlindungan-data-pribadi-di-era-digital/

https://developers.bri.co.id/id/news/9-tantangan-perbankan-di-era-digital-dan-cara-briapi-meresponnya

https://unsia.ac.id/mengamankan-sistem-informasi-dalam-era-digital-tantangan-dan-strategi/

https://www.idn.id/perbedaan-hacking-dan-ethical-hacking-serta-jenis-jenis-hacking/

https://cloudmatika.co.id/blog-detail/apa-itu-malware

https://finance.detik.com/moneter/d-7018539/baim-wong-kena-phising-hingga-rekening-terkuras-kenali-modusnya/1

 

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Gaji & Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Gaji dan Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us