UI Vs UX, Mana yang Lebih Didahulukan?

UI Vs UX, Mana yang Lebih Didahulukan?

3 Menit Membaca

Pengembangan dunia bisnis saat ini terutama dalam era digital, memproduksi produk saja tidak cukup untuk bisa bertahan di tengah persaingan pasar global. Desain yang menarik dan menyediakan fitur layanan yang memudahkan pengguna menjadi kebutuhan bisnis hari ini.

Hal ini dapat dilihat dari aplikasi atau pun website yang dikembangkan oleh perusahaan dalam meningkatkan kinerja bisnis. Dimana, tampilan dan kenyamanan konsumen menjadi target awal yang harus dikejar oleh perusahaan.

Tampilan visual dan desain akan menjadi penentu bagi konsumen untuk tertarik atau tidak pada sebuah produk. Dalam bisnis digital terdapat dua fitur yang sangat diandalkan pada pengembangan aplikasi atau website untuk lebih menarik dan berkesan bagi konsumen,  yaitu User Interface (UI) dan User Experience (UX). Kedua fitur ini memiliki kelebihan satu sama lain.

Apa itu UI dan UX?

UI dan UX merupakan fitur yang dikembangkan untuk membuat aplikasi atau website lebih menarik, baik dari sisi tampilan ataupun fitur-fitur layanan yang disediakan. 

UI

User Interface atau UI adalah pengembangan visual desain pada tampilan aplikasi atau website. Secara umum penggunaan UI tampak dari warna yang dipilih, font yang digunakan dan tampilan-tampilan lain yang ada pada aplikasi atau website.

Hal ini bertujuan untuk membuat konsumen betah dan nyaman saat bereksplorasi pada aplikasi dan website. Sebab, user bisa saja pindah dan beralih kepada produk lain jika tampilan aplikasi atau website terlihat tidak bagus dan berantakan.

UX

User Experience (UX) merupakan proses pengembangan aplikasi atau website untuk meningkatkan kepuasan konsumen  saat berinteraksi dengan produk. UX diterapkan pada seluruh elemen aplikasi atau website dengan mengedepankan akses aplikasi atau website yang mudah, cepat dan menarik. Termasuk memudahkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

Target dari penerapan UX ini adalah memberikan pengalaman yang berkesan bagi pengguna saat menjajal aplikasi atau website. Untuk membuat pengguna untuk betah dan mau untuk mengunjungi kembali aplikasi atau website pada waktu berikutnya.

Perbedaan UI dan UX

Perbedaan UI dan UX

Meski kedua fitur ini memiliki kesamaan yaitu dalam meningkatkan kualitas aplikasi dan website, namun terdapat beberapa perbedaan diantara keduanya.

  • Pola Kerja
    Pengembangan UX pada aplikasi atau website berdasarkan data dari target market yang akan dijadikan konsumen terhadap produk tersebut. Sementara UI design seringkali didasari pada preferensi pribadi.
  • Target
    Secara umum UI diterapkan untuk memberikan visual yang seragam dan konsisten pada seluruh tampilan website. Sementara UX fokus pada pengembangan aplikasi atau website yang mudah dan dan cepat.

Mana yang lebih penting UI atau UX?

Mana yang lebih penting UI atau UX?

Baik UI dan UX merupakan kombinasi yang tepat dalam meningkatkan performa aplikasi atau website untuk menarik konsumen lebih luas. UX sebagai pengembang kualitas fitur-fitur aplikasi atau website, dan UI untuk mengemas tampilan yang lebih menarik.

Dua fitur ini sama-sama penting. Namun hal pertama yang harus didahulukan adalah kenyamanan pengguna. Sebab, tidak akan efisien jika tampilan bagus tapi tidak bisa digunakan dengan mudah oleh konsumen. 

Bukan berarti design atau tampilkan aplikasi tidak penting. Namun Kenyamanan dan kebutuhan pengguna tetap harus menjadi prioritas pertama. Bila fitur-fitur dan layanan di aplikasi sudah tersedia, maka pengembangan pada tampilan design juga akan lebih mudah untuk mengikuti fitur yang sudah diterapkan.

Nah, kombinasi antara UI dan UX sama-sama penting untuk mendapatkan kinerja aplikasi atau website yang maksimal, dengan tampilan yang segar dan layanan yang mudah serta cepat diakses. Sehingga, perusahaan dapat membuat konsumen lebih loyal dan menjangkau pasar yang lebih luas. Ini menjadi kunci dalam persaingan bisnis di pasar digital saat ini.

UI atau UX

Submit your response

Your email address will not be published.

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us