Sebuah Kombinasi Website dan Sosial Media Sebagai Wajah Perusahaan

Sebuah Kombinasi Website dan Sosial Media Sebagai Wajah Perusahaan

3 Menit Membaca

Hari ini internet sudah menjadi kebutuhan di berbagai lini kehidupan, dari aktivitas sehari-hari, hingga dalam menjalankan bisnis sebagian besar membutuhkan koneksi internet.

Apalagi Indonesia menjadi negara dengan populasi pengguna internet sangat besar di dunia. Berdasarkan We Are Social jumlah pengguna internet di Tanah Air per Januari 2022 204,7 juta dari total penduduk Indonesia 277,7 juta orang.

Sehingga internet memiliki peran yang cukup besar untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Berbagai strategi bisnis dirancang untuk menjangkau pengguna internet yang sangat besar tersebut. Seperti membuat website terkait perusahaan atau akun sosial media. Dua cara ini dinilai cukup efektif dalam pengembangan bisnis di era digital saat ini.

Dengan jumlah pengguna internet yang terus meningkat, website atau pun sosial media sudah menjadi kebutuhan banyak perusahaan hari ini. Terutama dalam mempromosikan produk-produk kepada para konsumen, hingga mempublish kinerja bisnis perusahaan dalam mencari investor.

Sebagai media pengembangan bisnis, website dan sosial media memiliki kelebihan dan kelemahan. Lalu, mana yang lebih tepat untuk menunjang kinerja perusahaan, website atau sosial media. Berikut ulasannya.

Kenapa di Perusahaan Perlu Sosial Media?

Kenapa di Perusahaan Perlu Sosial Media?

Sebagian besar pengguna internet memiliki akun sosial media, apakah itu instagram, twitter, facebook atau pun youtube. Selain sebagai aplikasi berbagi foto atau video secara pribadi, sosial media juga sangat efektif digunakan untuk kebutuhan perusahaan

  • Interaktif
    Salah satu kelebihan sosial media yaitu kita bisa berkomunikasi langsung sesama konsumen, terutama terkait respon konsumen terhadap produk yang sedang dipromosikan atau pun perkembangan perusahaan.Di sosial media, perusahaan juga bisa menyerap masukan, kritikan hingga keluhan dari konsumen. Dan hal ini sering terjadi, saat konsumen memberikan review terhadap produk atau jasa sebuah perusahaan di platform, baik itu bersifat positif maupun negatif. Review tersebut penting bagi perusahaan sebagai bahan evaluasi untuk lebih baik ke depan.
  • Paling Update
    Jika ingin mengetahui sesuatu yang terbaru, kekinian, atau yang sedang viral, semuanya ada di sosial media. Dalam hitungan detik sebuah kejadian bisa cepat tersebar dengan luas.Hal ini penting bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang sedang menjadi perhatian orang di sosial media. Banyak perusahaan yang langsung menjadikan hal-hal yang sedang viral sebagai salah satu strategi marketing di sosial media, denganĀ  membuat konten yang berkaitan dengan kejadian yang sedang viral atau trending.
  • Identifikasi Konsumen
    Salah satu keunggulan sosial media lainnya, yaitu kita dapat mengenal pelanggan kita lebih dekat. Apalagi saat ini beberapa aplikasi sosial media menyediakan layanan khusus untuk bisnis perusahaan atau pelaku usaha yang memiliki fitur untuk mengklasifikasikan pelanggan, seperti kriteria berdasarkan umur, gender, bahkan tingkat pendidikan.Fitur ini sangat penting bagi perusahaan untuk menyusun strategi marketing atau pun branding perusahaan agar lebih tepat sasaran.
  • Melihat Persaingan Pasar
    MelaluiĀ  sosial media, perusahaan juga bisa melihat kondisi persaingan pasar terutama dengan para kompetitor. Kita dapat menganalisa track record perusahaan lain untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Kenapa Perusahaan butuh Website?Kenapa Perusahaan butuh Website?

Tidak jauh berbeda dengan sosial media, website banyak digunakan perusahaan besar untuk menjangkau konsumen lebih luas di internet. Website merupakan wajah bagi perusahaan di internet, karena menampilkan berbagai informasi terkait perusahaan.

  • Profil Perusahaan
    Website menjadi media yang paling tepat dan strategis untuk menampilkan profil perusahaan di internet, mulai dari sejarah perusahaan berdiri hingga para jajaran pimpinan perusahaan. Hal ini penting bagi perusahaan untuk memberitahu konsumen sebagai target market yang akan dijangkauSelain itu dengan adanya informasi profile di website juga akan memudahkan para investor untuk mengenal perusahaan lebih dalam.
  • Kinerja Bisnis
    Salah satu hal yang banyak dicari pelanggan maupun investor adalah track record perusahaan, atau kinerja perusahaan dengan melihat laporan keuangan. HalĀ  ini juga akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan karena terbuka dengan berbagai informasi, khususnya terkait kinerja perusahaan.
  • Membangun Kepercayaan Publik
    Website memungkinkan perusahaan untuk menampilkan berbagai informasi yang lebih lengkap, sehingga para pelanggan atau pun investor tidak perlu repot untuk mencari informasi terkait perusahaan. Cukup melalui gadget, orang-orang bisa mendapatkan gambaran secara utuh tentang perusahaan melalui website. Kapan saja dan di mana saja informasi website bisa diakses oleh semua orang.

Selain itu, perusahaan juga bisa memperbarui informasi-informasi terkait perkembangan perusahaan di website. Terutama laporan-laporan berkala yang harus di update dalam rentang waktu tertentu. Hal ini sangat penting agar publik dan para pemangku kepentingan mengetahui keberlanjutan perusahaan.

Baca juga : Mengapa Mindset Jadi Tantangan Terbesar untuk Memulai Transformasi Digital?


Baik itu sosial media atau pun website, merupakan aset penting bagi perusahaan hari ini untuk menunjang perusahaan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, namun dapat saling dikombinasikan untuk mencapai target yang lebih maksimal. Website sebagai wajah perusahaan dan sosial media sebagaiĀ  etalasenya.

Submit your response

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us