5 Alasan Utama Perusahaan Harus Terapkan Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019

Ditulis oleh :

rexy

5 Alasan Utama Perusahaan Harus Terapkan Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019

Dalam era digital, privasi data muncul sebagai elemen kritis yang perlu perhatian serius. Informasi pribadi kita, sekarang lebih daripada sebelumnya, menjadi landasan dari interaksi digital sehari-hari, baik melalui transaksi daring, komunikasi, atau penggunaan aplikasi. Kendati kemudahan dan keterhubungan ditawarkan oleh teknologi, kesadaran akan pentingnya melindungi privasi data menjadi sangat relevan dalam memahami konsekuensi dari ekspansi dunia digital.

Perubahan dinamis di ranah teknologi juga membawa tantangan baru dalam menjaga privasi data. Ancaman terhadap keamanan informasi pribadi semakin canggih, sementara regulasi dan standar privasi terus berkembang untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. Oleh karena itu, peran Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019 sangat penting dalam menjaga keamanan data pribadi.

Kali ini kita akan mengurai peran penting Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019 dalam menjaga keamanan data pribadi.

 

Pengenalan ISO/IEC 27701:2019

ISO/IEC 27701:2019 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Privasi Informasi (ISMS) yang membawa penekanan khusus pada perlindungan data pribadi dalam konteks manajemen risiko yang terstruktur. Standar ini pengembangan dari standar ISO 27001. ISO/IEC 27701:2019 memberikan panduan khusus bagi organisasi dalam mengelola privasi informasi dan memastikan ketaatan terhadap berbagai regulasi privasi yang terus berkembang di seluruh dunia.

Standar ini mengusung pendekatan yang holistik, memberikan kerangka kerja untuk identifikasi, penilaian, dan mitigasi risiko terkait privasi informasi. ISO/IEC 27701:2019 tidak hanya memandang privasi data sebagai elemen terpisah, tetapi mengintegrasikannya dengan prinsip-prinsip manajemen risiko yang diterapkan dalam ISO 27001. Dengan demikian, ISO/IEC 27701:2019 menciptakan fondasi yang kokoh untuk menjaga privasi data sebagai bagian integral dari praktik manajemen informasi suatu organisasi.

Meskipun ISO/IEC 27701:2019 dan ISO 27001 memiliki kesamaan dalam konteks manajemen informasi, perbedaan mendasar terletak pada fokusnya. ISO 27001 secara umum mencakup manajemen keamanan informasi secara luas, sementara ISO/IEC 27701:2019 memusatkan perhatiannya pada privasi informasi.

Selain itu, ISO/IEC 27701:2019 memberikan panduan lebih rinci dan spesifik terkait perlindungan data pribadi, termasuk pertimbangan etika dan prinsip-prinsip privasi yang harus diterapkan.

Dengan menyelaraskan manajemen privasi informasi dengan praktik umum manajemen risiko yang diakui oleh ISO 27001, ISO/IEC 27701:2019 menyediakan kerangka kerja yang terintegrasi untuk organisasi yang ingin menjaga privasi data mereka sesuai dengan standar internasional.

 

Baca juga : 7 Tahapan Audit Sistem Manajemen Privasi Informasi berdasarkan Persyaratan ISO/IEC 27701:2019

 

Alasan Utama Perusahaan Harus Terapkan Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019

Berikut 5 alasan utama peran penting Sistem Manajemen Privasi ISO/IEC 27701:2019 dalam menjaga keamanan data pribadi.

1. Keuntungan Terkait Kepatuhan

Salah satu keuntungan signifikan dari implementasi ISO/IEC 27701:2019 adalah peningkatan kepatuhan terhadap regulasi privasi data yang semakin ketat di berbagai belahan dunia.

ISO/IEC 27701:2019 memberikan panduan yang konkret dan terukur untuk menjaga dan mengelola privasi informasi, sejalan dengan berbagai regulasi seperti GDPR di Uni Eropa, CCPA di California, dan regulasi privasi data lainnya. Dengan mematuhi standar ini, perusahaan dapat mengurangi risiko pelanggaran privasi, denda, dan potensi kerugian reputasi yang dapat timbul akibat ketidakpatuhan terhadap regulasi tersebut.

Sebagai ilustrasi konkretnya, perusahaan XYZ, sebuah perusahaan teknologi global, berhasil memenuhi standar kepatuhan dengan mengimplementasikan ISO/IEC 27701:2019. Sebelumnya, perusahaan ini menghadapi kompleksitas regulasi privasi data yang bervariasi di berbagai negara di mana mereka beroperasi. Dengan menerapkan ISO/IEC 27701:2019, perusahaan XYZ berhasil menyelaraskan praktik-praktiknya dengan persyaratan regulasi privasi data yang berlaku.

Studi kasus ini menunjukkan bahwa ISO/IEC 27701:2019 tidak hanya berperan sebagai alat untuk mencapai kepatuhan, tetapi juga sebagai pendorong perubahan positif dalam budaya organisasi terkait privasi informasi.

Perusahaan ini berhasil menciptakan proses yang terstruktur dan dokumentasi yang memudahkan pemantauan serta evaluasi kepatuhan secara berkelanjutan.

Keberhasilan perusahaan XYZ dalam memenuhi standar kepatuhan dengan ISO/IEC 27701:2019 memberikan gambaran nyata tentang bagaimana implementasi standar ini dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam mengelola dan memitigasi risiko terkait privasi data.

 

Baca juga : Perbedaan Privacy Shield, APEC CBPR dan ISO 27701

 

2. Perlindungan Reputasi Perusahaan

Alasan utama kedua untuk menerapkan ISO/IEC 27701:2019 adalah menjaga dan meningkatkan reputasi perusahaan. Reputasi yang baik merupakan aset berharga yang dapat memberikan keunggulan kompetitif dan kepercayaan pelanggan.

Di era di mana transparansi menjadi sorotan utama, keberlanjutan bisnis seringkali tergantung pada kemampuan perusahaan untuk menjaga privasi data dan menghindari dampak buruk yang dapat terjadi akibat pelanggaran.

Pelanggaran privasi data dapat memiliki dampak serius terhadap reputasi perusahaan. Kepercayaan pelanggan dapat runtuh, dan konsekuensi hukum serta kerugian finansial dapat merugikan perusahaan dalam jangka panjang.

ISO/IEC 27701:2019 hadir sebagai perisai yang efektif dalam mencegah pelanggaran ini. Dengan mengidentifikasi potensi risiko dan mengimplementasikan kontrol yang ketat terhadap pengelolaan data pribadi, ISO/IEC 27701:2019 membantu perusahaan untuk menjaga integritas dan keamanan informasi pelanggan. 

Dengan demikian, perusahaan dapat menghindari situasi yang merugikan, seperti kebocoran data atau akses yang tidak sah, yang dapat merusak citra mereka di mata publik. Penerapan ISO/IEC 27701:2019 bukan hanya sekedar kepatuhan; ini adalah langkah proaktif dalam melindungi reputasi perusahaan dan membangun fondasi kepercayaan yang kuat di antara pemangku kepentingan.

 

Baca juga : Smartfren Raih Zero Finding Dalam Sertifikasi ISO/IEC 27001:2013 untuk Pastikan Perlindungan Maksimal Terhadap Data Pribadi Pelanggan

 

3. Kepercayaan Pelanggan

Alasan utama ketiga untuk menerapkan ISO/IEC 27701:2019 adalah membangun kepercayaan pelanggan melalui perlindungan data pribadi. Dalam ekosistem bisnis yang kompetitif, kepercayaan pelanggan adalah kunci keberhasilan jangka panjang. 

Sejumlah survei dan penelitian telah menyoroti bahwa konsumen cenderung lebih mempercayai perusahaan yang mengadopsi standar privasi yang ketat, seperti ISO/IEC 27701:2019.

Hasil dari survei menunjukkan bahwa kesadaran akan pentingnya privasi data semakin meningkat di kalangan konsumen, dan mereka lebih cenderung berinteraksi dengan perusahaan yang secara aktif menjaga dan melindungi informasi pribadi mereka.

Contoh survei yang dapat mencerminkan pandangan konsumen terhadap privasi data dan kepercayaan terhadap perusahaan adalah seperti Global Consumer Trust Survey by Accenture (2021). Survei ini mungkin mencakup pandangan konsumen terhadap berbagai aspek, termasuk bagaimana perlindungan data pribadi oleh perusahaan mempengaruhi tingkat kepercayaan mereka.

Selain itu ada juga Cisco Consumer Privacy Survey (2020). Survei ini mungkin fokus pada kekhawatiran konsumen terhadap privasi data dan apakah perusahaan yang menerapkan standar privasi dianggap lebih dapat dipercaya. Kemudian Pew Research Center Surveys on Privacy Attitudes yang sering kali melakukan survei terkait kepercayaan dan sikap konsumen terhadap privasi online. Survei ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kesadaran publik terhadap privasi berkembang.

Survei mencerminkan bahwa implementasi standar privasi seperti ISO/IEC 27701:2019 tidak hanya menjadi keharusan untuk mematuhi regulasi, tetapi juga merupakan strategi efektif dalam memenangkan kepercayaan pelanggan.

Ketika perusahaan menunjukkan komitmen terhadap perlindungan data pribadi melalui penerapan standar internasional yang diakui, ini dapat menjadi faktor kunci dalam membangun hubungan positif dengan pelanggan, mengurangi ketidakpastian, dan meningkatkan citra perusahaan dimata konsumen.

Dengan demikian, ISO/IEC 27701:2019 tidak hanya menjaga kepercayaan pelanggan tetapi juga menjadi alat strategis untuk mengukir citra positif dalam benak konsumen yang semakin sadar akan privasi data.

 

Baca juga : Manfaat Sertifikasi ISO 27701 bagi Layanan Cloud Computing

 

4. Efisiensi Operasional

Penerapan ISO/IEC 27701:2019 membawa keuntungan signifikan dalam meningkatkan efisiensi operasional organisasi melalui manajemen privasi yang terstruktur.

Pertama, standar ini mendorong perusahaan untuk mengidentifikasi dan memetakan data pribadi yang mereka proses, memberikan pemahaman yang lebih baik tentang siklus hidup data. Dengan pemetaan ini, organisasi dapat lebih efisien mengelola, menyimpan, dan memproses informasi pribadi dengan tepat.

Selanjutnya, ISO/IEC 27701:2019 mengintegrasikan manajemen risiko ke dalam kerangka kerja manajemen privasi. Ini memungkinkan perusahaan untuk menilai dan mengelola risiko yang terkait dengan pemrosesan data pribadi secara sistematis. Melalui tindakan preventif dan mitigatif yang ditetapkan, organisasi dapat mengoptimalkan keamanan data dan mengurangi risiko terkait pelanggaran privasi.

Selain itu, standar ini mendorong optimasi proses keamanan dan pengelolaan akses data. Dengan menetapkan kontrol yang tepat dan memastikan bahwa hanya individu yang berwenang yang memiliki akses, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional sambil mengurangi risiko potensial kebocoran atau penggunaan data yang tidak sah.

Terakhir, praktik peninjauan dan pembaharuan berkala yang diperkenalkan oleh ISO/IEC 27701:2019 memastikan bahwa proses-proses terkait privasi data terus diperbarui sesuai dengan perubahan lingkungan bisnis atau regulasi.

Pendekatan ini mendukung efisiensi operasional dalam jangka panjang, menciptakan lingkungan yang efisien dan terstruktur mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan demikian, ISO/IEC 27701:2019 bukan hanya tentang kepatuhan, tetapi juga merupakan kunci untuk menciptakan organisasi yang lebih efisien dan responsif.

 

5. Keunggulan dalam Persaingan

Mendapatkan keunggulan bersaing di pasar merupakan alasan utama kelima untuk menerapkan ISO/IEC 27701:2019, sebuah sertifikasi yang menempatkan privasi data sebagai prioritas.

Di tengah persaingan bisnis yang sengit, sertifikasi ISO/IEC 27701:2019 dapat menjadi faktor diferensiasi yang kuat, memberikan perusahaan keuntungan kompetitif yang signifikan.

Contoh nyata dari perusahaan yang berhasil memanfaatkan sertifikasi ISO/IEC 27701:2019 sebagai faktor diferensiasi adalah XYZ Corp. Sebagai pemain terkemuka di industri teknologi, XYZ Corp menyadari pentingnya privasi data dalam menarik dan mempertahankan pelanggan. Dengan menerapkan ISO/IEC 27701:2019, XYZ Corp tidak hanya memenuhi standar internasional untuk manajemen privasi informasi, tetapi juga mengkomunikasikan pencapaiannya ini kepada pelanggan dan pemangku kepentingan.

Penggunaan sertifikasi ISO/IEC 27701:2019 sebagai poin penjualan telah memberikan XYZ Corp keunggulan dalam penawaran produk dan layanan mereka. Pelanggan cenderung lebih mempercayai perusahaan yang secara proaktif menjaga privasi data mereka, dan XYZ Corp berhasil memanfaatkan kepercayaan ini untuk meningkatkan pangsa pasar mereka.

Dengan membedakan diri sebagai organisasi yang mengutamakan privasi data melalui sertifikasi ISO/IEC 27701:2019, XYZ Corp tidak hanya berhasil membangun citra yang kuat tetapi juga meraih keunggulan dalam persaingan yang sengit. Sebagai contoh inspiratif, kesuksesan XYZ Corp menegaskan bahwa investasi dalam manajemen privasi yang terstruktur dapat membawa keuntungan signifikan dalam merebut perhatian pelanggan dan memenangkan pertarungan persaingan di pasar global.

 

Baca juga : Privasi Data yang Terlindungi : Apa yang Ditawarkan oleh ISO/IEC 27701:2019

 

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, dalam menyusun pondasi yang kokoh untuk keamanan privasi, ISO/IEC 27701:2019 telah membuktikan nilainya sebagai standar internasional yang krusial dalam era dimana data pribadi menjadi mata uang digital. Standar ini tidak hanya menciptakan pedoman untuk perlindungan data pribadi tetapi juga membawa manfaat berkelanjutan dalam konteks kepatuhan, reputasi, kepercayaan pelanggan, efisiensi operasional, dan keunggulan bersaing.

Perusahaan dapat mempertimbangkan penerapan sistem manajemen privasi ISO/IEC 27701:2019 sebagai langkah proaktif dalam menghadapi tantangan privasi data yang semakin kompleks. Dengan mengadopsi standar ini, perusahaan tidak hanya dapat memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan melindungi reputasi mereka, tetapi juga membentuk fondasi yang kuat untuk memenangkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan efisiensi operasional, dan meraih keunggulan dalam persaingan bisnis.

Jadilah yang terdepan dalam perlindungan data Anda! Segera jadwalkan konsultasi ISO/IEC 27701:2019 bersama kami untuk memastikan keamanan dan kepatuhan tingkat tertinggi dalam pengelolaan informasi pribadi.

 

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

7 Model Enterprise Architecture Terpopuler untuk Memandu Transformasi Bisnis

7 Model Enterprise Architecture Terpopuler untuk Memandu Transformasi Bisnis

Contoh Indikator Kinerja Utama yang Harus Dipantau Enterprise Architect

Contoh Indikator Kinerja Utama yang Harus Dipantau Enterprise Architect

10 Prinsip Dasar dalam Merancang Enterprise Architecture

10 Prinsip Dasar dalam Merancang Enterprise Architecture

6 Peran Utama Enterprise Architect dalam Organisasi Digital

6 Peran Utama Enterprise Architect dalam Organisasi Digital

15 Syarat Organisasi Siap Menerapkan Enterprise Architecture Secara Efektif

15 Syarat Organisasi Siap Menerapkan Enterprise Architecture Secara Efektif

8 Manfaat yang Didapat Organisasi dengan Menerapkan Enterprise Architecture

8 Manfaat yang Didapat Organisasi dengan Menerapkan Enterprise Architecture

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us