Apa Saja Peran dan Fungsi Network Administrator?

Ditulis oleh :

rizki

Apa Saja Tugas dan Fungsi Network Administrator?

Peran sangat diperlukan dalam sebuah perusahaan, sebagai penanggung jawab terhadap jaringan serta perangkat keras atau pun perangkat lunak yang digunakan. Termasuk juga dalam menjaga sistem keamanan jaringan perusahaan.

Digitalisasi merupakan kunci bagi perusahaan untuk tetap bisa kompetitif di tengah persaingan pasar. Keberadaan jaringan komputer serta internet telah menjadi komponen penting dalam sebuah perusahaan saat ini, karena akan membantu pekerjaan berjalan lebih efektif dan efisien.

Network Administration yaitu profesional yang bertanggung jawab atas jaringan komputer sebuah sistem di sebuah perusahaan atau organisasi. Administrasi jaringan bertugas untuk konfigurasi, pemeliharaan, dan pemantauan jaringan.

Dalam perusahaan,Network Administratorbiasanya berada di level teknis atau staf jaringan.Profesi ini berperan dalam membangun integrasi dari seluruh jaringan, penyebaran server, keamanan.

Baca juga: Mengenal HRMS: Sebuah Inovasi Pengelolaan SDM Perusahaan

Tugas dan Fungsi Administrasi Jaringan

Tugas dan jobdesk Network Administrator pada umumnya diklasifikasi dalam beberapa bidang, mulai dari mengimplementasikan jaringan hingga manajemen. Berikut penjelasannya.

1.Implementasi

Salah satu tugas pertama Network Administration yaitu menerapkan seluruh sistem dan jaringan yang dibutuhkan perusahaan atau organisasi. Kemudian mengkonfigurasi jaringan dan aplikasi software yang dibutuhkan.

Tugas implementasi ini juga mencakup dalam menghubungkan jaringan dari server kepada nodes. Serta membuat akun bagi seluruh user berdasarkan kualifikasi dan kewenangannya.

2. Manajemen

Tugas Network Administrator selanjutnya yaitu di bidang manajemen, di mana network administrator bertanggung jawab dalam pemeliharaan, pembaharuan jaringan dan aplikasi. Sehingga sesuai dengan perkembangan teknologi yang terbaru.

Tugas manajemen Network Administration ini juga melingkupi ini pemantauan kinerja jaringan dan server harian, terutama dalam mencegah adanya gangguan.

Selain itu Network Administration juga memiliki tugas untuk melatih pengguna baru dalam menggunakan perangkat perusahaan.

3. Mencegah dan Mengatasi Gangguan

Network Administrator bertanggung jawab dalam mengatasi dan memperbaiki bila terjadi gangguan layanan atau jaringan secepat mungkin agar tidak berdampak pada operasional perusahaan.

Kemudian,Network Administrator wajib menganalisis penyebab gangguan tersebut. Serta membuat laporan dan rekomendasi agar gangguan yang sama tidak terjadi kembali nantinya.

4. Menguasai Perkembangan Teknologi

Penting bagi Network Administrator untuk mengikuti perkembangan teknologi yang terbaru, agar bisa diterapkan pada perusahaan.Hal ini juga harus diiringi dengan pemahaman dan keahlian Network Administrator terhadap teknologi yang terus berkembang tersebut.

5. Keterampilan yang Harus Dimiliki

Seorang Network Administrator harus memiliki hard skill dan soft skill yang dibutuhkan dalam menunjang pekerjaanya.Selain kemampuan dibidang IT dan jaringan, Network Administrator juga harus memiliki soft skill seperti berikut;

6. Pikir kritis

Berpikir kritis merupakan soft skill yang dibutuhkan di seluruh pekerjaan, termasuk bagi Network Administrator. Sebab, profesi ini harus mampu membangun atau mengembangkan jaringan yang sesuai dan membutuhkan perusahaan dalam meningkatkan kinerjanya.

Soft skill berpikir kritis ini juga akan sangat membantu seorang Network Administrator dalam mengambil keputusan yang tepat. Misalnya dalam melakukan pembaharuan jaringan agar lebih efisien dan produktif

Baca juga: Manfaat dan Jenis ERP untuk Perusahaan

7. Penyelesaian masalah

Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh Network Administrator yaituproblem solvingkarena akan membantu dan memudahkan seorang Network Administrator dalam mengidentifikasi dan mengatasi masalah dalam jaringan komputer perusahaan.

8. Komunikasi

Network Administrator juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sehingga tugas-tugas dan tanggung jawab Network Administrator dapat disampaikan kepada karyawan lain dengan tepat dan efektif. Misalnya dalam memberikan informasi terkait perkembangan jaringan komputer di perusahaan atau menyosialisasikan pembaharuan jaringan yang dilakukan.

Network Administrator memiliki peran yang cukup besar dalam sebuah perusahaan. Khususnya dalam fase transformasi digital yang berjalan cepat pasca pandemi Covid-19 ini. Sehingga profesi sebagai Network Administrator cukup dibutuhkan banyak perusahaan kedepannya.

 

4.6/5 - (9 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Gaji & Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Gaji dan Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us