Bukit Asam Bersama Proxsis IT Wujudkan Layanan IT Unggul dengan Standar ISO 20000-1:2018

Ditulis oleh :

mukhtar syafii

Bukit Asam Bersama Proxsis IT Wujudkan Layanan IT Unggul dengan Standar ISO 20000-1:2018

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama Proxsis IT berkomitmen mewujudkan layanan IT yang unggul dengan menerapkan Standar ISO 20000-1:2018. Standar ini memberikan panduan dan persyaratan bagi organisasi perusahaan untuk menyusun, mengimplementasikan, dan meningkatkan manajemen layanan TI mereka dengan berfokus pada efektivitas dan efisiensi.

Sebuah kemitraan yang revolusioner, PTBA dan Proxsis IT telah memulai perjalanan ambisius untuk mengubah manajemen layanan TI mereka. Pada tanggal 4 Juli 2023, upaya kolaboratif ini dimulai dengan acara yang penuh semangat di Menara Kadin. Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk mencapai kepatuhan terhadap ISO 20000-1:2018, yaitu standar yang diakui secara internasional untuk sistem manajemen layanan TI. 

Langkah ini menandai langkah penting bagi PTBA, perusahaan pertambangan batubara terkemuka, dalam mengadopsi transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi operasional dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

Pentingnya Layanan IT Berkualitas

Di tengah pasar yang terus berubah dan persaingan yang semakin ketat, PTBA menyadari pentingnya adaptasi terhadap perubahan teknologi untuk tetap relevan dan unggul dalam industri pertambangan. Dengan proses bisnis yang semakin kompleks dan permintaan pelanggan yang semakin tinggi, PTBA menyadari perlunya meningkatkan layanan TI yang berkualitas.

CEO PT Bukit Asam Tbk, Dermawa mengatakan, teknologi informasi telah menjadi pendorong utama untuk mencapai keunggulan. Layanan IT yang baik akan memberikan kualitas untuk pelanggan.

“Kami menyadari bahwa teknologi informasi adalah pendorong utama dalam mencapai keunggulan kompetitif di era digital ini. Kami ingin memanfaatkan teknologi dan layanan TI terbaik untuk memastikan operasional kami berjalan secara efisien dan memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan kami,” Katanya di Menara Kadin, Selasa (4/7/2023).

Untuk mencapai tujuan, PTBA mengenali kebutuhan untuk mengimplementasikan standar tersebut untuk manajemen layanan TI. Inilah saatnya Proxsis IT, sebagai perusahaan konsultan TI dikenal dengan kompetensi dan inovasi mereka, berada di garda depan untuk membantu PTBA mencapai transformasi tersebut.

Baca juga: 7 Tahapan Membangun IT Master Plan Yang Efektif

 

Proxsis IT Mendorong Transformasi dalam Manajemen Layanan TI

Sebagai perusahaan konsultan TI, Proxsis IT telah mengukir reputasi sebagai mitra terpercaya dalam mendorong transformasi dan inovasi perusahaan. Dengan tim ahli yang berpengalaman dan komitmen untuk memberikan solusi terbaik, Proxsis IT memiliki pandangan yang sejalan dengan PTBA dalam menghadapi tantangan teknologi informasi saat ini.

Direktur Utama Proxsis IT, Andrianto Moeljono mengungkapkan, kolaborasi ini menjadi solusi kreatif untuk memberikan manfaat nyata bagi PTBA 

“Kolaborasi ini akan membawa kesempatan untuk merumuskan solusi kreatif yang akan memberikan manfaat nyata bagi PTBA dalam mengoptimalkan layanan TI mereka dan meningkatkan efisiensi operasional secara keseluruhan,” Katanya.

Sebagai langkah awal untuk mencapai tujuan bersama, PTBA dan Proxsis IT mengadakan Kick Off Meeting yang berlangsung meriah di Menara Kadin. Acara tersebut dihadiri oleh para eksekutif kunci dari kedua belah pihak dan anggota tim yang terlibat dalam proyek implementasi ISO 20000-1:2018.

Baca juga: Meriahnya Seremonial Penyerahan Sertifikat ISO 27001:2013 oleh Bibit, Didukung oleh Proxsis IT di Menara Standard Chartered

 

Kick Off Meeting: Membangun Visi Bersama 

Kick Off Meeting menjadi panggung bagi kedua belah pihak untuk menyatukan visi dan tujuan bersama dalam menghadapi tantangan proyek ini. Di hadapan para peserta, CEO, Darmawan menegaskan, komitmen PTBA dalam mengadopsi teknologi informasi terbaik untuk mencapai keunggulan kompetitif. 

“Bekerjasama dengan Proxsis IT sebagai mitra strategis adalah langkah yang kita ambil dalam perjalanan menuju transformasi digital ini,” Ujarnya saat memberi sambutan di Kick Off Meeting.

Sementara itu, Direktur Utama Proxsis IT, Andrianto Moeljono mengungkapkan, Proxsis IT akan mandampingi PTBA dalam mencapai keberhasilan dan meraih standar ISO 20000-1:2018.

“Dengan menggali potensi dan tantangan yang dihadapi PTBA, Proxsis IT berkomitmen untuk menyediakan solusi berbasis teknologi terbaik yang sesuai dengan kebutuhan organisasi perusahaan tersebut, Katanya.

Baca juga: Tantangan Chief Information Officer Menghadapi Transformasi Digital

 

Rencana Implementasi ISO 20000-1:2018 untuk PT Bukit Asam Tbk

Implementasi ISO 20000-1:2018 bukanlah tugas yang mudah, tetapi dengan kolaborasi PTBA dan Proxsis IT, tantangan tersebut dapat dihadapi dengan percaya diri. Proses implementasi akan dilakukan 4 langkah stategis:

 

1. Evaluasi Awal dan Gap Analysis

PTBA dan Proxsis IT akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap sistem dan proses layanan TI yang ada untuk mengidentifikasi perbedaan antara praktik saat ini dan persyaratan ISO 20000-1:2018.

 

2. Perencanaan dan Perancangan

Setelah gap analysis selesai, kedua belah pihak akan merencanakan dan merancang solusi untuk mengisi kesenjangan dan memastikan bahwa seluruh persyaratan standar terpenuhi.

 

3. Implementasi dan Pengujian

Solusi yang telah dirancang akan diimplementasikan dan diuji secara menyeluruh untuk memastikan kinerjanya sesuai dengan harapan.

 

4. Sertifikasi dan Penyempurnaan

Setelah langkah-langkah di atas diselesaikan, PTBA akan memperoleh sertifikasi ISO 20000-1:2018. Namun, komitmen untuk penyempurnaan terus menerus akan tetap menjadi fokus untuk menjaga standar layanan TI yang unggul.

Dalam proses ini, kolaborasi antara PTBA dan Proxsis IT akan menjadi kunci keberhasilan. Bersama-sama, mereka akan menghadapi tantangan, menemukan solusi inovatif, dan merumuskan strategi yang tepat untuk menghadapi era digital yang sedang berlangsung.

Baca juga: Manajemen Konfigurasi ISO 20000-1:2018

Kolaborasi Berkelanjutan

Melalui kemitraan ini, PTBA berharap dapat meningkatkan manajemen layanan TI mereka secara keseluruhan, yang pada gilirannya akan meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi. Dengan proses layanan TI yang lebih terstruktur dan efisien, PTBA akan dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan mereka, menciptakan keunggulan kompetitif, dan meningkatkan kinerja bisnis mereka secara keseluruhan.

Proxsis IT juga melihat masa depan yang cerah dengan kolaborasi ini. Kerjasama dengan PTBA adalah bukti dari komitmen untuk mendorong transformasi digital di berbagai sektor. Proxsis IT berupaya membantu perusahaan mencapai tujuan strategis dan meraih kesuksesan jangka panjang serta bisa tumbuh bersama..

Secara keseluruhan, kerjasama PTBA dan Proxsis IT dalam implementasi ISO 20000-1:2018 memberi dampak positif yang signifikan bagi kedua belah pihak. Dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan, transformasi berbasis teknologi ini akan menjadi modal berharga bagi PTBA untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.


5/5 - (3 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal TOGAF: Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Mengenal TOGAF: Pengertian, Manfaat, Tahapan, dan Contohnya

Memilih Kerangka Kerja Terbaik: TOGAF vs Zachman Framework vs Gartner

Memilih Kerangka Kerja Terbaik: TOGAF vs Zachman Framework vs Gartner

Memahami Metode TOGAF: ADM dan Manfaatnya untuk Arsitektur Enterprise

Memahami Metode TOGAF: ADM dan Manfaatnya untuk Arsitektur Enterprise

Implementasi TOGAF: Panduan Praktis untuk Kesuksesan

Implementasi TOGAF: Panduan Praktis untuk Kesuksesan

Memahami Komponen-Komponen Penting dalam Kerangka Kerja TOGAF

Memahami Komponen-Komponen Penting dalam Kerangka Kerja TOGAF

Integrasi manajemen risiko dengan ISO 27001:2022

Mengintegrasikan Manajemen Risiko ke dalam ISO 27001:2022

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us