COBIT 2019: Panduan Lengkap untuk Kerangka Kerja Governance TI yang Efektif

Ditulis oleh :

rexy

COBIT 2019: Panduan Lengkap untuk Kerangka Kerja Governance TI yang Efektif

Kerangka Kerja Governance adalah landasan yang penting dalam upaya menciptakan tata kelola yang efektif dan transparan di suatu organisasi. Di era digital yang semakin berkembang, kehadiran teknologi kian memiliki peran penting dalam menunjang performa perusahaan, agar tetap bisa bersaing di tengah perkembangan pasar saat ini. Oleh sebab itu penting bagi perusahaan untuk memiliki sistem pengelolaan teknologi informasi (TI) yang efisien dan relevan dengan tujuan bisnis.

Salah satunya dengan menerapkan Control Objectives for Information and Related Technologies atau COBIT 2019 sebagai acuan dalam pengelolaan teknologi informasi. COBIT 2019 termasuk salah satu sistem yang populer saat ini yang telah digunakan oleh banyak perusahaan dalam meningkatkan pengelolaan TI.

 

Mengenal COBIT 2019

COBIT 2019 adalah kerangka kerja governance TI yang menyediakan panduan komprehensif bagi perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis dengan pengelolaan sistem TI yang efektif. COBIT 2019 memiliki kerangka kerja yang terukur dengan mengacu pada prinsip-prinsip yang diadopsi secara luas di berbagai industri.

Sistem yang dikembangkan oleh Information Systems Audit and Control Association (ISACA) ini bertujuan untuk meningkatkan potensi bidang teknologi informasi, mulai dari sistem yang digunakan hingga sumber daya manusia, agar lebih optimal dalam mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga : Cara Praktis Implementasi Framework COBIT 2019

 

Komponen COBIT 2019

COBIT 2019 memiliki kerangka kerja yang sangat komprehensif dalam menunjang peran IT. Dalam penerapannya COBIT 2019 memiliki lima komponen utama yang saling terkait dan saling mendukung, yaitu :

  • Prinsip Governance dan Manajemen TI

COBIT 2019 menetapkan prinsip-prinsip yang harus diikuti oleh perusahaan dalam mengelola TI perusahaan yang mencakup transparansi, tanggung jawab, kerangka kerja yang terintegrasi, dan pemahaman yang mendalam tentang peran dan tanggung jawab perusahaan.

  • Komponen Kerangka Kerja

Komponen kerangka kerja COBIT 2019  terdiri dari tujuan bisnis, sumber daya TI, proses-proses TI, dan kerangka kerja yang terintegrasi. Oleh sebab itu, perusahaan harus memahami tujuan bisnis dan mengidentifikasi sumber daya TI yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Kemudian mengidentifikasi proses-proses TI agar sesuai dengan kerangka kerja yang terintegrasi.

  • Pemahaman Pemilik Proses

Komponen COBIT 2019 selanjutnya yaitu pemahaman oleh pemilik proses terkait panduan yang telah disediakan oleh COBIT 2019. Terutama dalam memahami peran dan tanggung jawab pemilik proses atas pelaksanaan dan pengelolaan proses-proses TI, sehingga berhasil mengimplementasikan COBIT 2019 dengan efektif.

  • Fokus pada Kinerja

COBIT 2019 menekankan pentingnya pengukuran dan pemantauan kinerja TI perusahaan melalui metrik yang jelas untuk mengukur keberhasilan implementasi kerangka kerja. Untuk kemudian meningkatkan kinerja TI secara berkelanjutan.

  • Pendekatan Risiko

Pengaplikasian COBIT 2019 juga akan mengintegrasikan manajemen risiko ke dalam kerangka kerja governance TI, dengan mengidentifikasi risiko-risiko yang terkait dengan TI dan mengadopsi tindakan pencegahan yang sesuai.

 Baca juga : Pentingnya IT Master Plan dalam Perusahaan

 

Manfaat COBIT 2019

Secara umum, COBIT 2019 bertujuan untuk mengoptimalisasikan bidang TI untuk meningkatkan performa perusahaan. Penerapan sistem kerja ini memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan, antara lain:

  • Pengelolaan yang Efektif

COBIT 2019 membantu perusahaan dalam mengelola TI secara efektif, dengan menetapkan proses-proses yang jelas dan tanggung jawab yang terdefinisi dengan baik.

  •  Pemahaman yang Lebih Baik

COBIT 2019 memberikan pemahaman yang lebih baik tentang peran dan tanggung jawab dalam mengelola TI, sehingga perusahaan dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar departemen.

  • Peningkatan Kinerja

COBIT 2019 membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional dengan melakukan pemantauan dan pengukuran kinerja TI secara teratur dan berkelanjutan.

  • Optimalisasi Keamanan

COBIT 2019 mendorong perusahaan untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko-risiko TI dari berbagai gangguan dan kejahatan digital dengan meningkatkan keamanan seluruh sistem dan data.

  • Meningkatkan Kepatuhan

Panduan komprehensif yang dimiliki COBIT 2019 akan membantu perusahaan dalam memenuhi kebijakan dan standar yang berlaku dalam pengelolaan TI, sehingga akan meningkatkan kepatuhan perusahaan terhadap seluruh regulasi yang berlaku.

Baca juga : Panduan Praktis dalam Membangun Rencana Kelangsungan Bisnis yang Efektif

Implementasi COBIT 2019

Implementasi COBIT 2019 membutuhkan komitmen dari semua tingkatan perusahaan agar berjalan dengan efektif dan efisien.  Berikut langkah-langkah dalam menerapkan COBIT 2019:

1. Pemahaman dan Evaluasi

Perusahaan harus memahami tujuan bisnis mereka dan mengevaluasi sejauh mana kerangka kerja governance TI yang ada sudah mendukung tujuan tersebut.

2. Identifikasi Proses-Proses TI Kunci

Langkah selanjutnya yaitu dengan mengidentifikasi proses-proses TI yang kritis untuk mencapai tujuan bisnis. Kemudian perusahaan harus menetapkan pemilik proses ditetapkan untuk setiap proses yang dijalankan.

3. Penentuan KPI dan Mekanisme Pemantauan

Perusahaan harus menetapkan KPI yang relevan untuk setiap proses, serta mekanisme pemantauan yang sesuai untuk mengukur kinerja TI.

4. Pelatihan dan Komunikasi

Seluruh staf terkait TI harus mendapatkan edukasi dan pelatihan tentang COBIT 2019, terutama dalam memahami pentingnya implementasi yang efektif. Hal ini juga harus diiringi dengan sosialisasi oleh perusahaan terkait tujuan, manfaat, dan harapan dari implementasi COBIT 2019 kepada seluruh organisasi.

5. Audit dan Peningkatan

Perusahaan perlu untuk melaksanakan audit berkala untuk memastikan kepatuhan terhadap COBIT 2019. Terutama dalam mengidentifikasi area-area yang perlu ditingkatkan untuk kemudian diambil tindakan perbaikan yang relevan.

 

Kesimpulan

Har ini, bidang TI memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan performa perusahaan, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi yang kian pesat saat ini. Pengaplikasian COBIT 2019 akan membantu perusahaan dalam mengelola dan mengontrol TI dengan lebih efektif.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip dan komponen-komponen yang ada, perusahaan dapat mencapai tujuan bisnis mereka dan meningkatkan kinerja TI secara berkelanjutan. 

Implementasi COBIT 2019 membutuhkan komitmen dan kolaborasi dari semua tingkatan organisasi, namun manfaat jangka panjang yang diberikan jauh melebihi usaha yang diinvestasikan. Dengan demikian, organisasi dapat memastikan penggunaan yang efektif dari teknologi informasi mereka dan menghadapi tantangan digital dengan percaya diri.

 

Bangun dan kembangkan tata kelola IT perusahaan Anda dengan COBIT 2019. Implementasikan COBIT 2019 bersama PROXSIS IT. 

Cobit 2019

Rate this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Gaji & Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Gaji dan Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us