Penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam Transformasi Digital untuk Mendukung Perubahan Bisnis

Ditulis oleh :

rexy

Penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam Transformasi Digital: Mendukung Perubahan Bisnis

Pemanfaatan teknologi digital telah mengalami perubahan besar dalam struktur bisnis dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Transformasi digital kini menjadi suatu keharusan penting bagi perusahaan yang ingin tetap relevan dan berkelanjutan dalam era modern ini. Dengan menerapkan teknologi informasi yang canggih, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Meskipun demikian, agar dapat meraih manfaat dari teknologi digital ini, perusahaan harus memiliki praktik manajemen yang kuat dan sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Dalam konteks ini, penerapan standar ISO/IEC 20000-1:2018, yang berkaitan dengan manajemen layanan TI, dapat berperan sentral dalam mendukung perubahan bisnis yang dikejar melalui transformasi digital. Artikel ini akan menjelaskan bagaimana penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dapat mendukung perubahan bisnis dalam transformasi digital.

 

Keunggulan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam Manajemen Layanan TI

 

ISO/IEC 20000-1:2018 adalah standar internasional yang mengatur manajemen layanan TI. Dalam konteks transformasi digital, peran ISO/IEC 20000-1:2018 menjadi semakin penting karena memberikan kerangka kerja yang terstruktur untuk mengelola perubahan yang dihasilkan oleh teknologi digital.

ISO/IEC 20000-1:2018 diakui secara internasional sebagai standar yang mengatur manajemen layanan TI. Mengadopsi standar ini membantu perusahaan memenuhi harapan pelanggan dan mitra bisnis yang menghargai penggunaan praktik terbaik.

Standar ini membantu perusahaan dalam mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, sehingga kualitas layanan TI dapat diberikan secara konsisten kepada pelanggan. Selain itu, standar ini juga mendorong adopsi praktik terbaik dalam pengiriman layanan TI. Sehingga membantu organisasi dalam meningkatkan efisiensi proses, mengurangi biaya, dan menghindari ketidaksempurnaan.

Dengan mengadopsi standar ini, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanan, mengurangi risiko, dan menjaga kepuasan pelanggan. Ini juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnis dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Baca juga :

PT Bukit Asam Tbk Memperkuat Layanan TI melalui Training Awareness ISO/IEC 20000-1:2018

 

Sinergi antara ISO/IEC 20000-1:2018 dan Transformasi Digital

 

Sinergi antara ISO/IEC 20000-1:2018 dan transformasi digital melibatkan penggabungan kerangka kerja manajemen layanan TI yang terstruktur dengan penerapan teknologi digital untuk menciptakan nilai tambah bagi perusahaan.

Transformasi digital sering melibatkan perubahan fundamental dalam proses bisnis. ISO/IEC 20000-1:2018 memberikan panduan untuk mengelola perubahan ini secara terstruktur, sehingga memastikan bahwa perubahan proses yang dihasilkan dari transformasi digital terintegrasi dengan baik dan dikelola dengan efektif.

 

Peningkatan Layanan Pelanggan

Transformasi digital sering bertujuan untuk meningkatkan layanan pelanggan. ISO/IEC 20000-1:2018, fokus kepada kepuasan pelanggan dan pengiriman layanan berkualitas, mendukung upaya transformasi. Sehingga dengan memanfaatkan teknologi perusahaan dapat memastikan bahwa pelanggan mendapatkan pelayanan lebih baik dan sesuai dengan harapan.

 

Manajemen Perubahan yang Terkendali

Transformasi digital sering melibatkan perubahan budaya organisasi, ISO/IEC 20000-1:2018 dapat membantu dalam mengelola perubahan ini melalui pendekatan yang terstruktur dan teruji. Dengan demikian, perusahaan dapat mengurangi risiko dan memastikan kelancaran dalam penerapan teknologi baru.

Baca juga : Pengenalan ISO/IEC 20000-1:2018 : Standar Internasional untuk Manajemen Layanan TI

 

Langkah-langkah Penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam Transformasi Digital

 

Analisis Kebutuhan Bisnis

Dalam transformasi digital, perusahaan perlu mengidentifikasi kebutuhan bisnis utama yang akan diakomodasi oleh teknologi baru. Selain itu, membantu mengidentifikasi perubahan yang perlu dilakukan dalam proses bisnis, teknologi, dan organisasi untuk mencapai kepatuhan terhadap standar ini.

Dengan demikian membantu perusahaan dalam memahami bagaimana ISO/IEC 20000-1:2018 dapat menyokong tujuan transformasi digital dan memastikan bahwa penerapannya relevan dan efektif. 

 

Penyusunan Rencana Penerapan ISO/IEC 20000-1:2018

Penyusunan rencana penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 membutuhkan koordinasi yang baik, pemahaman mendalam tentang persyaratan standar, dan penyesuaian dengan tujuan bisnis dan transformasi digital. Rencana yang baik akan membantu memastikan bahwa implementasi dilakukan secara efektif dan sukses.

Kemudian, langkah-langkah khusus harus diidentifikasi untuk memastikan bahwa implementasi standar ini berjalan dengan sukses untuk perubahan bisnis.

Baca juga: Manajemen Konfigurasi ISO 20000-1:2018

 

Cara Penerapan Teknologi dan Praktik Terbaik

 

1. Integrasi Teknologi Baru

Integrasi teknologi baru dengan transformasi digital membutuhkan perencanaan yang cermat dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana teknologi tersebut dapat mendukung tujuan perusahaan. ISO/IEC 20000-1:2018 dapat membimbing integrasi teknologi baru ke dalam lingkungan operasional perusahaan, mulai dari memberikan pelatihan kepada seluruh staff dan melakukan pengujian secara menyeluruh.

 

2. Penerapan Praktik Terbaik ISO/IEC 20000-1:2018 

Penerapan praktik terbaik ISO/IEC 20000-1:2018 melibatkan mengadopsi panduan, seperti manajemen risiko dan manajemen kapasitas, serta merekomendasikan standar ini dalam pengiriman layanan TI perusahaan. Dengan menerapkan praktik terbaik dari ISO/IEC 20000-1:2018, perusahaan dapat mengoptimalkan pengiriman layanan TI mereka, meningkatkan efisiensi, meminimalkan risiko, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

 

3. Monitoring dan Evaluasi

ISO/IEC 20000-1:2018 menekankan pentingnya pemantauan kinerja layanan TI. Dalam konteks transformasi digital, hal ini membantu memastikan bahwa tim TI tetap kompeten, dan layanan yang disediakan mencapai standar yang diinginkan. Hal ini menjadi dasar perbaikan berkelanjutan dalam pengiriman layanan TI untuk mendukung tujuan bisnis perusahaan.

 

4. Kontinuitas Peningkatan

Kontinuitas peningkatan dalam penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam transformasi digital sangat penting untuk memastikan bahwa layanan TI terus berkembang sejalan dengan perubahan teknologi dan kebutuhan bisnis. Dengan mengintegrasikan kontinuitas peningkatan ke dalam penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 selama transformasi digital, organisasi dapat memastikan bahwa pengiriman layanan TI tetap efektif, efisien, dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Kemudian, mengidentifikasi peluang di era transformasi digital merupakan proses yang berkelanjutan, sehingga perusahaan harus menganalisis kinerja dan menentukan peluang  peningkatan layanan sesuai dengan persyaratan ISO/IEC 20000-1:2018.

 

Kesimpulan

Sudah sangat jelas bahwa Penerapan ISO/IEC 20000-1:2018 dalam transformasi digital dapat membantu perusahaan memitigasi risiko, meningkatkan layanan pelanggan, dan mengelola perubahan bisnis dengan lebih efektif. Standar ini memberikan kerangka kerja yang kuat untuk mengintegrasikan teknologi baru ke dalam lingkungan operasional di perusahaan anda.

 

5/5 - (6 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Lainnya

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Mengenal ITIL Service Design: Strategi Perancangan Layanan IT

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Jenis-jenis IT Governance Audit: Sesuaikan dengan Kebutuhan!

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Panduan Lengkap: Proses IT Governance Audit

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Mengenal IT Governance Audit: Penting untuk Kelola TI Efektif!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Skill Wajib IT Project Management Officer: Sukses Jalankan Proyek!

Gaji & Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Gaji dan Jenjang Karier IT Project Management Officer: Menjanjikan?

Hubungi Kami

Contact Us

Roni Sulistyo Sutrisno

Andrianto Moeljono

Erma Rosalina

Andriyanto Suharmei

Ajeng Diana Dewi Mursyidi

Membership

    Pendaftaran Komunitas

    Contact Us